mini love doll

Selasa, 07 April 2009

Tugas Akuntansi




Accounting (Akuntansi), Financial (Keuangan) & Taxation (Perpajakan). Didedikasikan bagi mereka yang membutuhkan artikel, tips, Case study, spreadsheet & tools yang bersifat aplikatif. Jika topic yang anda cari tidak ada, coba cari dengan fasilitas search di atas, karena sangat mungkin topic anda berada di dalam judul yang bunyinya berbeda).

Jun 10, 2008

ANALISA KWALITAS PENJUALAN

Analisa Kwalitas Penjualan (sales quality analysis) penting untuk dilakukan. Mengapa? Bagaimana melakukan analisanya? Itulah topic yang akan dibahas di posting ini.Saat penutupan buku, sering bagian penjualan menanyakan ke accounting: “berapa penjualan kita bulan ini?” Obviously mereka ingin tahu berapa besarnya penjualan, dan string (maksud lain) di balik pertanyaan ini bisa bermacam-macam:
[1]. Berapa komisi saya bulan ini (mungkin ini paling penting)


[2]. Berapa incentive saya bulan ini (jika menerima gaji+incentive)


Untuk pertanyaan ini, tentu jawabannya sangat mudah, bukan? Sekali lagi, obviously yang ditanyakan adalah berapa total penjualan bulan ini. Dan jawabannya, anda tinggal melihat buku besar penjualan, atau melihat rekening penjualan (sales) di income statement.Biasanya si penanya akan lebih puas jika anda mau sedikit membuka spreadsheet, lalu menghitung:


Misalnya:Penjualan = Rp 100,000,000Comission = 5% x 100,000,000 = 5,000,000Lalu dengan cepat anda memberikan jawaban :”Penjualan total = Rp 100,000,000 dan komisi anda Rp 5,000,000 (potong pajak)”Jika angka komisinya lumayan besar, tentu si penanya akan tersenyum puas, tetapi jika angka komisinya relatif kecil, mungkin si penanya akan bertanya lebih jauh lagi: ”koq kecil ya?, memangnya bagaimana hitung-hitungannya?, boleh tidak saya dapat printout penjualan?” dan lain sebagainya. Penghitungan komisi yang begitu sederhana menjadi sangat rumit baginya, hingga perlu menanyakan ”bagaimana hitung-hitungannya?” :-)Tentunya situasi tersebut sudah biasa kita hadapi di accounting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

my sister

PENUTUP KUNJUNGAN